LCD Dot-Matrix HD44780



LCD adalah display yang menggunakan pemantulan cahaya dari luar sebagai tampilannya. LCD (Liquid Crystal Display) Dot-Matrix HD44780 adalah salah satu jenis LCD dot-matrik dengan 4×20 karakter dan dikendalikan oleh kontroler hitachi HD44780. LCD (Liquid Crystal Display) Dot-Matrix HD44780 ini dapat menampilkan karakter angka numeric, huruf alphabet, huruf jepang dan simbol. Kedua komponen tersebut dikemas dalam suatu PCB sehingga membentuk satu modul yang dapat langsung digunakan. Maka ini mempunyai delapan jalur data (DB0 s/d DB7) dan tiga jalur control (RS, R/W, E). Modul ini menggunakan tegangan Vcc sebesar +5V.

                                            Modul LCD Dot-Matrix HD44780


Konfigurasi Pin LCD Dot-Matrix HD44780:

  • ·         Pin 1 (Vss) sebagai jalur power supply ground (GND)

  • ·         Pin 2 (Vcc) sebagai jalur power supply positif (+5V)

  • ·         Pin 3 (Vee) merupakan kontrol kontras LCD

  • ·         Pin 4 (RS) jalur instruksi pemilihan data atau perintah

  • ·         Pin 5 (R/W) merupakan jalur instruksi read / write pada LCD

  • ·         Pin 6 (E) jalur kontrol enable LCD

  • ·         Pin7 – pin 14 (DB0 – DB7) adalah jalur data kontrol dan data karakter untuk LCD


Dari 14 pin yang dimiliki LCD (Liquid Crystal Display) Dot-Matrix HD44780, 8 pin diantaranya digunakan untuk menerima dan mengirimkan data dari dan ke LCD, yaiitu pin DB0 – DB7. Sedangakan 3 pin lainya digunakan untuk kendali operasi.

Pin RS, digunakan oleh sistem prosesor HD44780 untuk meberi tahu LCD, apakan informasi biner yang diberikan pada DB0 – DB7 merupakan instruksi atau data. 

  • Jika RS = Low, maka informasi biner pada DB0-DB7 adalah instruksi. 
  • Jika RS = High, maka informasi biner pada DB0-DB7 adalah data.


Pin R/W, digunakan oleh sistem prosesor HD44780 untuk memberitahu LCD, apakah mikrokontroler akan mengirim data atau membaca data. 

  • Jika R/W = Low, maka mengirim data 
  • Jika R/W = High, maka membaca data


Pin E, digunakan oleh sistem prosesor HD44780 untuk memberitahu LCD agar mulai memproses sinyal yang diberikan oleh prosesor, yan ditandai dengan peralihan logika pin E dari Hogh ke Low. Khusus untuk pin DB7 selain sebagai data bus, pin ini juga dapat digunakan untuk memberitahukan sistem mikrokontroler bahwa LCD masih sibuk dan belum siap menerima data instruksi berikutnya.

Instruksi Dasar LCD Dot-Matrix HD44780

Display Clear, Instruksi ini digunakan untuk membersihkan tampian dan mengembalikan kursor keposisi awal.

 Function set, digunakan untuk menentukan lebar interface (8-bit atau 4-bit) atau DL, jumlah jalur tampilan (N), dan bentuk aksara (F). Dalam tampilan LCD 4×20 ini lebar interface dapat ditentukan antara 8 bit dan 4 bit. Perbedaan interface 8 bit dan 4 bit adalah dari penggunaan jumlah dari jalur bus data dan pada metode penulisan dan pembacaan instruksi.

Entry Mode Set, Instruksi ini digunakan untuk menentukan arah dari perpindahan kursor (I/D) diberi nilai “1” dan menentukan arah pergeseran tampilan (S) diberi nilai”1”. Operasi ini digunakan selama penulisan dan pembacaan data.

Display On/off Control, Instruksi ini digunakan untuk menghidupkan atau mematikan (on/off) display (D) diberi niai “1”, kursor © diberi nilai “0”.





0 komentar:

Posting Komentar